Thursday, 11 February 2010

CARA GANTI AIR RADIATOR

HALLO,semua......... ketemu lagi dgn saya si pengampu BENGKEL RADIATOR "WIDODO" JL.BANTUL KM 4.5 YOGYAKARTA.
Sekarang saya ingin menuliskan cara2 mengganti air radiator secara baik dan benar.
kenapa????????????? karena selama ini saya banyak membaca artikel2 tentang tata cara mengganti air radiator di internet banyak yg keliru atau pun masih ada yg kurang. untuk itu tulisan ini mudah2 an dapat melengkapi kekurangan2 artikel2 yg telah lama beredar di internet.
pertama siap kan dulu peralatannya antara lain
1.air bersih
2.tang
3.obeng min,plus dan kunci baut 10mm
4.ember/selang
5.lem seller

cara penggantian
1.hidup kan mesin kurang lebih 10 menit,lalu tunggu sebentar biar kan agak
dingin dulu.sesudah itu buka buka baut pengurasan bagian bawah (yg berbentuk sepeti kupu2) dgn menggunakan tang.jangan lupa cara memutar nya berlawanan arah jarum jam. soal nya kalau salah putar takut nya baut tersebut bisa patah,karena baut tersebut terbuat dr plastik.
2.sesudah baut itu terlepas bukalah tutup atas niscaya air akan keluar dgn deras.
3.lalu masuk kan air dari tutup dgn kondisi pengurasan bawah masih terbuka,ini berfungsi untuk membersihkan kapiler2 radiator dari berbagai macam kotoran.
4.sesudah itu lalu buka selang radiator yg atas dgn memakai (tang,obeng atau kunci pas 10mm)tergantung klem anda berjenis yg mana.kalau dah terbuka coba aliri air dari selang tersebut,kalau air bisa mengalir berarti termostat dah di hilang kan oleh bengkel anda.kalau demikian langsung saja anda aliri selang tersebut dgn air sampai air yang keluar dari pengurasan radiator jernih.Andai selang atas di aliri air tapi air gak mau masuk,berarti termostat masih terpasang.jika demikian anda harus sedikit bekerja agak keras,karena untuk ngeluarin air yg dari blok mesin anda harus membuka selang heater atau selang by pass yg berada di sekitar bawah injektor atau karburator. cara nya anda buka salah satu ujung selang water heater atau by pass dgn menggunakan (tang,ebeng,kunci pas)tergantung klem selang tersebut berjenis apa. sesudah terlepas salah satu ujung nya langsung saja anda aliri air dg selang sampai air yg keluar dari salah satu ujung yg lain jernih.
5.setelah semua tahap itu selesai sekarang kembali ke perakitan.pertama pasang baut pengurasan bawah,lalu pasang kembali selang atas yg tadi sempat di buka dgn mengoles kan sedikit seller pd pipi besi nya ingat jgn di oleskan pada selang karet bagian dalam,karena nanti sisa2 seller bisa terdorong masuk pada saat anda memasang selang,dan sisa seller yg terdorong masuk akan menutupi kapiler2 di RADIATOR.
Llu jgn lupa pasang kembali selang heater atau pun by pass seperti pada pemasangan selang RADIATOR atas.
6.Lalu tunggu sampai seller mengering,sambil menunggu kering baik nya anda membersihkan tabung reservouir nya.
7.setelah semua siap semua segera isi RADIATOR anda dgn air. terserah anda mau mengisinya dgn air apa (mau pakai coolant,air sumur,air ac,dll). isi sampai penuh lalu hidup kan mesin jika air berkurang isi lagi sampai penuh.sudah itu pasang tutup RADIATOR.lalu isi juga tabung reservoir nya sampai batas max. biar kan mesin hidup sampai suhu ideal tercapai. KELAR DEH BERSIH2 RADIATOR NYA DAN MOBIL SIAP MELUNCUR NIH........

BUAT TEMAN2 YG MUNGKIN SIBUK DAN GAK ADA WAKTU TUK GANTI AIR RADIATOR,LANGSUNG SAJA BAWA KETEMPAT SAYA DI BENGKEL RADIATOR WIDODO JL.BANTUL KM 4,5 YOGYAKARTA. SEKALIAN DI SERVICE MALAH. JD WAKTU TEMAN2 GAK BANYAK TERSITA UNTUK URUSAN RADIATOR.... POKOK MEN SERAHKAN PADA ORANG YG BEKERJA DI BIDANG NYA. OKE...............................

No comments:

Post a Comment