html> SPESIALIS SERVICE RADIATOR: SERVICE RUTIN RADIATOR /SERVICE RADIATOR BERKALA

SERVICE RUTIN RADIATOR /SERVICE RADIATOR BERKALA

Hallo semua.... ketemu lg dgn saya si mekanik bengkel radiator "WIDODO"
Setelah kemarin dah saya posting gimana cara kuras radiator yang aman dan nyaman bagi yg bisa,dan yg garuk2 kepala bagi yang tdk bisa. lalu di bawa ke bengkel saya,dan akhir nya saya juga yg dapat ongkos nya... he.......he.... MAKASIH YA BAPAK2 YG TELAH MAU JADI JALAN MASUK NYA REJEKI SAYA DAN KELUARGA.

Ok...langsung saja sekarang saya mau membahas beberapa pertanyaan dari bapak2 yang kemarin konsultasi dgn saya.BELIAU2 ini bertanya BERAPA LAMA SIH PAK IDEAL NYA RADIATOR ITU DI BERSIHKAN????????

Pada inti nya semua komponen mesin itu butuh perawatan,termasuk juga untuk RADIATOR.
untuk perawatan radiator sendiri dari pabrik tidak ada rekomendasi. Tapi menurut saya pribadi yg telah berkecimpung di bidang radiator sejak tahun 1995,radiator itu memang perlu di service secara berkala.adapun hitung2annya tidak berdasarkan kilometer. melain kan dgn hitungan bulan atau tahun.
Rata2 radiator akan kotor itu kurang lebih sekitar 6 bulan sampa 1 tahun. kenapa mesti dibersihkan???
radiator itu berfungsi untuk mendingan mesin,kalau dia kotor berarti sirkulasi ke dalam blog mesin akan terhambat atau tidak lancar.dan itu akan menimbulkan panas mesin yg melebihi standart pabrik (overheath nek wong2 padha ngendika).

KOTORAN DARI MANA ORANG NGISI NYA PAKAI AIR BERSIH KOK???
Jangan salah,air yang kelihatan bersih itu belum tenu bebas kapur lho...
contoh: coba kita lihat di panci tempat di mana istri2 kita merebus air,apakah di situ ada kerak2 putih???? ya itu lah kapur yang akan menutupi kapiler2 radiator anda jika tidak rutin di bersihkan.kalau itu tidak rutin dibersihkan kapur2 itu akan semakin kuat menempel pada radiator anda,dan akan menimbulkan pengeroposan yang bisa bikin radiator cepat rusak.

AKU KAN PAKAI WATERCOOLANT,AMAN DONG?????
Siapa bilang pakai coolant aman 100%????
saya jelas kan ya,pakai coolant memang sidikit membuat kita agak tenang,karena kandungan kapur tidak sebanyak air tanah. tapi justru di bahan campuran coolant itulah yang akan mempersempit kapiler2 radiator kita,jika tidak kita ganti secara rutin. iya,fungsi utama coolant adalah menaikkan titik didih air,sehingga memperlambat penguapan.dan fungsi lainya adalah melapisi logam radiator agar tidak cepat keropos. tapi tahu kah kita kalau semua bahan kimia itu ada efek sampingnya???
begitu juga zat pelapis ini,dia akan senyawa dgn logam yang di lapisinya jika kita tidak rutin untuk menggantinya.jadi saran saya gantilah coolant anda setiap 2 bulan sekali atau setiap 5000 km.

Jadi menurut saya,mau pakai air tanah atau watercoolant sama saja. dan service lah radiator mobil anda secara berkala setiap 6 bulan sampai 1 tahun. jangan tunggu radiator jebol baru main ke tukang radiator.
LEBIH BAIK MERAWAT SECARA BERKALA DARIPADA HARUS GANTI.

Mungkin itu dulu tulisan saya mengenai perawatan radiator,MUDAH-MUDAHAN BERMANFAAT DAN MENAMBAH WAWASAN KITA UNTUK MEMBANTU SAUDARA-SAUDARA SEMUA.
Seandainya teman2 butuh konsultasi jangan sungkan untuk datang ke bengkel saya
BENGKEL RADIATOR "WIDODO" JL BANTUL KM 4,5 YOGYAKARTA
hp.0817 54 605 54 email:widodoradiator@yahoo.co.id atau widodoradiator@gmail.com

Labels: , , ,