Hallo teman-teman semua..... Gimana kabarnya....... Langsung saja ya ke pokok permasalahan. Saat ini saya akan menulis tentang beberapa penyebab panas/overheat yang terjadi pada mobil MITSUBISHI KUDA. Tulisan ini saya tulis setelah kemarin saya mendapat pertanyaan dari seseorang yang baru saja saya kenal di sebuah warung koboi di daerah jogja selatan.
Beliau bertanya pada saya tentang mobil kudanya yang selalu overheat saat di pakai di jalanan yang macet. Berikut pertanyaan yang di lontar kan Beliau pada saya....
Sayapunya mobil Mitsubishi Kuda Bensin tahun 2002. Akhir2 ini mengalami problem temperatur yang selalu diatas setengah pada indikator. Sedangkan langkah-langkah yang sudah saya lakukan sbb:
Sudah melakukan pembersihan saluran pendingin dengan radiator cleaner.
Karena suhu masih relatif tinggi (diatas setengah).akhirnya radiator saya service kan dulu ke bengkel radiator
Setelah di service radiatornya,suhu mesin masih tetap saja di atas setengah pada indikator. bahkan pernah suhu di indikator sampai 80% dari indikator suhu (saat kondisi jalanan macet).Tapi setelah berjalan suhu itu turun sendiri sampai pada suhu di bawah setengah.
Karena belum sempurna juga. Akhirnya radiator saya ganti dengan yang baru.Tapi ternyata tuh indikator belum mau turun juga.
Setelah pusing tujuh keliling akhirnya mobil saya pasrahkan ke bengkel mesin untuk di cari penyebabnya.Sama mekaniknya diganti termostatnya,di ganti water pump nya lalu di ganti packing head nya.
Itu lah langkah-yang sudah saya ambil.Tapi ternyata setelah kira-kira 2 mingguan,penyakit itu timbul lagi. yakni selalu overheat saat macet dan turun saat berjalan ngebut. Kira apa lagi ya mas penyebabnya.........
Sebenarnya langkah-langkah yang beliau lakukan sudah tepat. yakni mulai dari service radiator,ganti water pump,ganti thermostat,ganti packing silinder head. Tapi menurut saya masih ada satu lagi yang belum di cek.Yaitu kondisi kipas dan oli silicon (silicon oil) yang ada di kipas radiator tersebut.
Sebenar nya langkah yang sudah beliau ambil itu sudah tepat.yakni mengecek mulai dari radiator,water pump,thermostat,silinder heat. Tapi menurut saya masih ada satu yang belum di cek. yaitu silicon oil fannya. untuk mobil sejenis kuda,taruna,kijang,dll(mobil yang pakai kipas langsung mesin) biasanya memang menggunakan silicon oil.Yang berfungsi untuk melumasi poros kipas tersebut dan meringan kan beban mesin karena kipas tersebut.Tapi seandainya silicon oil tersebut sudah berkurang atau kering kipas akan akan melambat putaran nya.Jadi itu bisa jadi menjadi penyebab panas mesin KUDA. Baik teman-teman semua, itu dulu tulisan saya semoga bermanfaat,dan bila masih ada kesalahan dan kekurangan nya saya harap teman-teman atau pembaca semua berkenan untuk melengkapi di kolom komentar. akhir kata salam sukses untuk kita semua....