html> SPESIALIS SERVICE RADIATOR: Mesin Kijang LX Diesel Selalu Panas

Mesin Kijang LX Diesel Selalu Panas

Satu lagi pertanyaan masuk melelui email kami yang menanyakan tentang kijang diesel yang bermasalah pada radiatornya.

berikut petikan pertanyaan dan sekaligus jawaban dari saya,semoga bermanfaat juga buat teman" yang mungkin mengalami masalah yang sama.
 
Mobil saya Toyota Kijang LX Diesel tahun 2003, waktu macet, panas terik, AC hidup, temperatur mesin langsung naik dan pernah sampai air radiator tinggal sedikit.
Saya sudah berulang kali ke bengkel, servive radiator, ganti packing head, ganti tutup radiator, selang ke penampungan, cek water pump, tapi masalahnya belum juga teratasi....


setelah saya cermati ternyata berkurangnya air itu karena terlalu banyak air yang masuk ke tampungan/reservoir dan tidak bisa balik kembali ke radiator...
apalagi kalau pas pakai AC temperatur cepat sekali naiknya...
bahkan pernah saat overheat AC tidak saya matikan itu penampungan sampai meleduk....
Mohon berkenan memberikan masukan kira-kira penyebabnya apa.
Terima kasih.

jawaban
memang untuk kijang diesel agak sering bermasalah pada pendinginan.
itu di   karenakan tutup radiator yang menyatu dengan water outlet atas,sehingga tekanan water pump langsung menekan tutup radiator.jadi kalau tutup radiator sudah lemah per nya atau karet sudah pecah" tentu air akan langsung mengalir ke  penampungan. mengatasinya ya ganti tutup tentunya dengan spek yang sama.
itu penyebab pertama,penyebab selanjutnya radiator kotor,sehingga sirkulasi air tidak lancar atau debit air yang ke radiator jadi berkurang.mengatasinya ya harus service radiator.penyebab berikutnya thermostat. biasanya thermostat di lepas oleh Bapak" mekanik dengan dalih agar temperatur tidak cepat naik. sebenarnya ini kurang benar kalau untuk kijang diesel,kenapa??? karena kalau termostat di lepas air dari water pump akan sangat kencang sekali menyembur,dan akan menekan tutup radiator sangat kuat.ini juga menyebabkan air mengalir ke penampungan dengan cepat. mengatasinya jangan lepas termostatnya di modifikasi saja.
selain itu Biasanya hal ini terjadi kalau oli visco fan lama enggak diganti. Melakukan pengecekannya gampang kok, ketika mesin mati coba putar kipas pakai tangan kalau kipas terasa ringan diputar berarti visco fan suddah lemah kalau masih berat berarti masih bagus.

mungkin itu jawaban yang bisa saya berikan. seandainya teman" ada yang pernah ngalamin kasus demikian dan telah menemukan pemecahannya silahkan di tambahkan di kolom komentar. semoga tulisan ini bermanfaat buat teman" semua.