Sunday, 13 January 2013

FUNGSI TUTUP RADIATOR

Hallo apa kabar semua...... setelah agak lama gak posting artikel gara" blog ke blokir. dan lagi sibuk dengan pekerjaan. kemarin blokir sudah dapat terbuka dan sekarang kami akan menulis tentang fungsi dari tutup radiator. Tutup radiator memang kecil bentuknya tapi sangat besar fungsinya untuk meredam overheating pada sebuah mesin.
tutup radiator sendiri terbua dari plat besi dan di beri per serta katup/klep dari karet.
fungsi dari tutup itu untuk mengeleuarkan air dari radiator ke tabung reservoir dikala mesin panas dan mengembalikan air dari reservoir kedalam radiator di kala mesin dingin.
Tutup radiator dikatakan rusak kalau seperti apa???
  • Tutup radiator dikatakan rusak bila plat besi keropos.ini jelas terlihat dari bentuknya.mungkin berlobang,berkarat dll.
  • Dikatakan rusak bila per sudah tidak dapat bergerak. cara ngetesnya tekan dengan dua telapak tangan begitu di tekan per masih dapat bergerak tidak,bila sudah berat atau gak lancar baliknya berarti sudah rusak.
  • Dikatakan rusak juga bila klep dari karet sudah keras atau mungkin sobek. coba di cek karetnya bila sudah tidak lentur berarti sudah rusak.
Tutup radiator itu sama atau berbeda pada setiap mobil???

Tutup radiator itu ada yang besar dan ada yang kecil.
yang besar biasanya untuk mobil" yang beukuran besar maupun mobil keluaran tahun" lama.
yang kecil biasanya untuk mobil sekelas sedan dan mobil" keluaran baru.
Tutup radiator yang kecil ini ada 2 jenis yang satu klep penyedot reservoir di bawah dan yang satu ada di tengah.
dan perlu di ingat juga bila tuup radiator ukuran tekanannya berbeda". biasanya 0,9 dan 1,1. jadi kalau mau ganti tutup radiator cek dulu tekanannya tersebut agar sama dengan rekomendasi pabrik.

mungkin itu dulu ulasan saya mengenai tutup radiator. bila sekiranya masih banyak kekurangannya silahkan tambahkan pada kolom komentar. agar nanti tulisan ini dapat bermanfaat bagi teman" yang memiliki permasalahan tentang overheat pada kendaraannya.

No comments:

Post a Comment