html> SPESIALIS SERVICE RADIATOR: Overheat pada mobil corolla twin cam

Overheat pada mobil corolla twin cam

Hallo semua,ketemu lagi di bengkel spesialis radiator "WIDODO". Saat ini kami akan mencoba posting permasalahan radiator toyota twin cam. Belum lama ini kami menerima sebuah sms konsultasi yang berisi seperti di bawah ini.
Kami akan mencoba memberi usulan/saran yang semoga dapat membantu dan jawaban kami ini sesuai dengan pengalaman yang kami miliki. Seandainya banyak kekurangan dan kesalahan silahkan di koreksi lewat kolom komentar di bawah. Berikut adalah petikan sms yang kami terima.

Selamat siang pak...
maaf mau tanya kalau mobil twin cam saya tahun 89...
Mobil saya sudah turun mesin keseluruhan ganti pakai original...
Tapi permasalahan muncul diradiator ketika AC dinyalakan jadi overheat..
Sedangkan radiator sudah 2x dibersihkan tapi tetap aja overheat...
Arah kipas fan atau pun kipas AC posisi sudah benar...
Dan ketika overheat kondisi radiator airnya panas sampai tempat cadangan air pun panas parah...
Kira2 apa penyebabnya ya?

Berikut jawaban yang kami berikan,semoga membantu dan seandainya ada teman yg punya saran lain atau pernah mengalami silahkan menambahkan di komentar ya.

Mari kita urai satu demi satu.
Turun mesin sudah ...berarti dah ok.kita anggap kondisi mesin beres.
Service radiator sudah... Kita anggap juga beres.
Putaran kipas/fan arahnya benar... Kita juga anggap kipas gak bermasalah.

Yang belum di cek adalah water pump,selang",tutup radiator,kecepatan putaran kipas dan kondisi radiator itu sendiri.
Mari kita cek yg belum sempat di cek.
Pertama Water pump untuk cek water pump cukup mudah caranya buka tutup radiator nyalakan mesin dan lihat apakah air bersirkulasi dengan baik atau tidak. Kalau putaran lambat apalagi saat di gas air meluap mungkin water pump sudah tidak layak pakai.

Ke dua cek selang-selang radiatornya coba di tekan pakai tangan apakah selangnya sudah lembek. Kalau dah lembek lebih baik ganti karena selang yg lembek apalagi dulu nya air pernah bercampur oli maka saat di gas tinggi selang bawah akan kempot dan menyebabkan sirkulasi terhambat.
Cek selang sekalian aja cek tutup radiatornya. Kalau karet di rasa sudah keras atau lembek lebih baik ganti baru.

Ke tiga coba cek putaran kipasnya. Arah sudah benar tapi kalau putaran lambat juga akan menyebabkan panas. Caranya letakkan selembar tisu/ kertas kecil di depan kondensor ac saat kipas menyala. Apakah tisu itu tersedot dan nempel si kondensor dengan kuat atau gak. Kalau gak nempel dengan kuat berarti putaran tidak maksimal. Lebih baik ganti motornya dengan yang baru.

Kalau langkah" itu sudah di lakukan tapi masih overheat maka lakukan langkah ke empat yakni melihat kondisi radiatornya. Apakah radiator sudah banyak tambalan sehingga jalurnya sudah tidak lancar mengingat untuk twin cam radiatornya model singel row. Atau bengkel radiator bilang 1 ply. Kalau memang di rasa radiator yang bermasalah ganti dengan radiator yang memiliki kapasitas air lebih banyak.mengingat usia mobil yang sudah dari tahun 89. Kemungkinan sudah berulang kali di slep silinder heatnya. Jadi kapasitas air sudah agak berkurang. Untuk menambah kapasitas air lagi sebaiknya ganti radiator yang memiliki jalur lebih banyak. Atau di pesankan ke ke bengkel radiator dengan spek 2 row/ 2 ply. Tapi sebaiknya cari bengkel yang benar" rekomended. Dan seandainya pesan seyogyanya minta bahan yang baru. Karena kalau bahan bekas untuk di rangkai lagi biasanya dari sisi keawetannya berkurang. Dan minta lah yang memiliki bahan full kuningan. Karena selain awet juga gampang dalam melepaskan panas.

Itu jawaban yang kami berikan,semoga bermanfaat dan cepat teratasi permasalahan overheatnya.
Bagi teman-teman yang ingin menambahkan silahkan berikan komentarnya di kolom komentar.
By widodo radiator

Nb:barangkali ada teman-teman yang ingin pesan radiator untuk mobil apa saja silahkan hubungi kami di 08995089172 atau di bb 751d1c7c
Kami menerima pesanan dan perakitan radiator apa saja. Dengan bahan full kuningan baru baik 1 ply,2 ply maupun 3 ply.

Labels: , , , ,