Hallo semua,ketemu lagi nih.... ok teman-teman,sekarang saya akan menulis tentang penyebab mesin panas pada mobil APV. Tulisan ini sekaligus jawaban untuk seorang teman yang bertanya lewat email saya(widodoradiator@yahoo.co.id) ini saya sertakan petikan pertanyaan teman saya tersebut.
mesin APV ku panas sampai 3/4 saat kipas belum berputar,saat kipas muter jarum turun sedikit lalu naik lg. biasanya berkutat di setengah saja. kira-kira apanya yang bermasalah ya Mas??? tak tunggu jawabannya..... langsung saja ya saya jawab sesuai dengan kemampuan dan sepengetahuan saya.seandainya pada jawaban saya nanti ada sedikit kesalahan dan kekurangan saya mohon koreksinya.
penyebab-penyebabnya antara lain:
RADIATOR.biasanya mesin panas di sebabkan oleh radiator yang kotor/bocor.sebaiknya servicekan dulu radiator sebelum mencari penyebab yang lain.
KIPAS.penyebab berikutnya adalah kipas.mungkin kipas sudah tidak berputar secara maksimal/putarannya tidak kencang lagi.atau malah mati sama sekali.untuk kipas coba di cek kan ke bengkel dinamo.
TUTUP RADIATOR.tutup radiator juga punya andil yang besar sebagai biang panas. kenapa??? karena tutup radiator yang sudah rusak tidak bisa menahan tekanan yang di timbulkan dari panasnya air. sehingga akan menyebabkan air meluap keluar saat mesin dalam kondisi panas. sebaiknya ganti tutup radiator dengan yang baru dan original tentunya.
TERMOSTAT.termostat bisa juga jadi penyebab,kalau termostat itu rusak atau sudah terlapisi oleh kotoran. termostat yang tertutup kotoran akan lebih lama membuka karena kotoran tadi menghambat pergerakan termostat itu.
TALI KIPAS.mungkin juga tali kipas kendor atau malah putus. kalau tali kipas kendor dia akan menyebabkan water pump tidak bekerja secara maksimal. kalau putus jelas water pump tidak bekarja,karena penggerak water pump itu berasal dari putaran mesin yang di salurkan melalui tali kipas.
WATER PUMP.kerusakan water pump biasanya bocor.kalau water pump bocor itu akan menyebabkan air menetes dan radiator jadi kehilangan banyak air untuk mendinginkan mesin.
SILINDER HEAD.ini adalah penyebab terakhir dan merupakan langkah terakhir untuk meredam panas mesin yang berlebihan. jadi seandainya penyebab-penyebab diatas sudah di cek dan diperbaiki tapi mesin masih juga panas,mungkin penyebabnya adalah perpak/gasket silinder head ada yang bocor. mengatasinya ya tentu harus bongkar mesin.
Nah,teman-teman itu lah penyebab mesin APV yang panasnya melibihi batas kewajaran.dan sekali lagi itu berdasarkan pengalaman saya sebagai mekanik spesialis radiator. seandainya ada tambahan atau koreksi dari teman,kami persilahkan untuk meninggalkan komentarnya untuk melengkapi tulisan ini.