html> SPESIALIS SERVICE RADIATOR: PERBANDINGAN RADIATOR ALUMUNIUM DAN TEMBAGA

PERBANDINGAN RADIATOR ALUMUNIUM DAN TEMBAGA

Selamat malam dan selamat berjumpa lagi buat sahabat-sahabat bengkel radiator widodo dimana pun anda berada. (ha... ha.. kaya penyiar radio wae).
Langsung saja ya,posting kali ini kami akan sedikit mengupas tentang perbedaan atau perbandingan antara radiator yang berbahan alumunium dan berbahan tembaga. Postingan kami ini bukan untuk mempengaruhi,menyarankan,menyuruh,merekomendasikan ataupun yang lain.Tulisan ini murni hanya untuk di jadiakan bahan perbandingan antara bahan alumunium dan tembaga. Untuk keputusan anda mau pakai yang mana,itu mutlak pilihan anda semua.

Tulisan akan kami susun berdasarkan berbagai pertanyaan dari para costumer kami.
Jawab:Perbedaannya radiator alumunium itu bahannya dari aluminium.dan radiator tembaga itu bahannya dari tembaga om.(kalau itu sih anak baru lahir juga dah tahu. he...he...)

Sebelumnya kami jelaskan,bahwa radiator alumunium itu ada 2 jenis. Yang pertama jenis alumunium dengan cover tank plastik. Dan yang kedua alumunium dengan cover tank alumunium juga. Sedang kan yang bisa di service hanyalah radiator jenis pertama yang menggunakan bahan kombinasi antara radiator alumunium dengan cover tank plastik.Sedangkan untuk radiator yang fuul alumunium kami tidak bisa service.
Sebenarnya hanya pihak pabrik mobil yang tahu kenapa sekarang radiator mobil pakai bahan alumunium,kok bukan tembaga seperti dulu. Tapi kalau menurut kami,mungkin itu hanya untuk efisiensi harga produksi saja.karena setahu kami harga tembaga dan alumunium lebih mahal tembaga 3 kali lipat. Itu yang pertama sedangkan yang kedua mungkin untuk memangkas bobot/berat mobil.Yang ketiga mungkin agar pabrik radiator bisa selalu produksi.
Kalau menurut  kami kok tidak ya,menurut kami daya lepas panas antar alumunium dan tembaga sama saja.
 Sebenarnya tinggal tingkat kebocoran nya seperti apa,kalau kebocoran yang di sebabkan pengapuran memang sudah tidak bisa di tambal.Tapi kalau kebocoran karena terbentur benda atau bersifat masih baru kami masih sanggup kok nambalnya.(metode ini baru kami temukan beberapa hari yang lalu).
Baik kami jelaskan,sebenarnya ini adalah perbedaan paling mencolok antar radiator alumunium dan tembaga. Alumunium itu bersifat penetralisir kapur,yang artinya alumunium itu akan menyerap zat kapur yang terdapat pada air pendingin. Kalau kita mengisi radiator memakai air sumur atau pam yang banyak mengandung kapur maka kapur tersebut akan menempel pada alumunium dan lama kelamaan kapur itu akan menebal.Kalau kapur dah menebal dia akan menggerogoti logam/alumunium tersebut dan akan menimbulkan pengapuran. Sebagai contoh ceret/kuwali untuk merebus air yang bagian bawahnya akan tibul endapan putih.karena memang itulah sifat alumunium,yaitu penetralisir kapur.Tentu ini bagus untuk kesehatan manusia,tapi buruk untuk radiator.
Sifat lain dari alumunium adalah lunak.jenis logam ini lebih lunak di bandingkan logam jenis lain seperti tembaga,kuningan,besi dll.
Kalau dah terjadi pengapuran/kebocoran ya lebih baik di ganti saja.mau di ganti pakai yang tembaga atau alumunium,monggo terserah anda.
Daya tahan alumunium ini bermacam-macam om,ada yang 1 tahun dah pada bocor,ada yang 5 tahun bocor,bahkan ada yang 10 tahun baru bocor.Semua itu tergantung dari bahannya tebalnya,kekerasannya,kelenturannya.
Dan juga tergantung pengisian airnya pakai apa.
kapan harus ganti,ya tergantung seberapa parah kebocorannya,ada lho radiator alumunium yang di pakai baru 2 bulan sudah pada bocor.

Dari petikan tanya jawab di atas maka dapat kami simpulkan sebagai berikut

Radiator alumunium
Radiator tembaga
Demikian kesimpulan kami tentang perbedaan/perbandingan radiator alumunium dan radiator tembaga.Semoga bermanfaat dan menambah ilmu untuk kita semua. Seandainya dalam postingan kami ini banyak kekurangan yang mungkin kami belum tahu,silahkan para sahabat menambahkan pada kolom komentar atau bisa kirim via email di widodoradiator@yahoo.co.id.

nb:Tulisan ini kami persembahkan buat Bpk.DR.A.YANI ANSHARI.
jika postingan ini menarik buat teman-teman silahkan klik disini









Labels: , ,